Rabu, 12 Februari 2014

Bandung Ciwidey naringul jayanti 2014

Rencana
Sudah banyak cerita yang membuat penasaran eksotik jalan ke pantai selatan lewat Naringgul Cidaun,,baik di internet maupun cerita teman saudara yang kesana... Maka hari migggu tgl 9/02/2014 kami coba jalan kesana memakai kendaraan minibus tua daihatshu s88 1000cc. apakah si 1.0 ini sanggup mendaki dan menuruni ngarai,gungung dan lembah yang curamm..Dan menurut cerita orang jarang ada mobil sedan terbaru pun lewat kesana apalagi mobil lawas seperti 1.0 ini.. Dan yang lebh seremnya ada namanya tanjakan 1000 didaerah Naringgul yang tanjakan dan tikungan mematahnya (tikungan V) ngak ada habisnya saking banyaknya.. engg..ing engg kita coba aja..

Memulai perjalanan

Pemberangkatan jadinya kami berangkat jam 9.30 dengan 7 penumpang 4 dewasa 3 anak anak cukuplah di mobil MB lawas ini.. sebelum berangkat kami persiapkan perbekalan makanan dan persiapan kunci2 keperluan mobil maklum ngak ada bengkel disana katanya. Oh ya jangan lupa pastikan ban serep dan dongkrak harus siap pakai. Dan kami persipakan juga rencana peta perjalanan dan jarak yang kami tempuh (peta terlampir) meurut perhitungan GPS jarak dari perumahan marga asih (bandung) ke Pantai Jayanti sepanjang 113km.. ke ciwalini ciwidey 35km dan sisanya 78km dari ciwalini ke P.jayanti. menurut perhitungan bila kita berjalan 30km/jam perkiran akan ditempuh selama 3,7jam ditambah istirahat foto2 mungkin 4,5 jam-an .Tercatat di dasboar kilometer mobil 43.712. Untuk keperluan bensin kami rencanakan 23 liter (Rp.150.000) dengan asumsi konsumsi bbm 10km/liter..Dan kami pun mengisi bensin di daerah Patrol (100rb)...oh ya di sepanjang jalan ciwidey P.jayanti tidak ada pom bensin kabarnya)

Bandung Ciwidey
perjalana ke ciwidey tidak lah banyak menemui masalah lanjar jaya. untuk istirahat sebentar kami pun ke pom bensin yang ada di cisondari ciwidey di isi lagi bensin sebanyak Rp.50.000,- kami pun melanjutkan perjalanan seperti diketahui jalan kami yang lewati ada beberapa objek wisata seperti pemetikan buah strabery,,Kawah putih,,pemandian air panas ciwalini dan ada beberapa pemandian air panas lainnya.wisata kamping dll dan terakhir menuju situ Patenggang ujungnya wisata di daerah ciwidey... tetapi sebelum masuk kewisata patenggang ada jalan ke kiri menurun ..itulah jalan ke jayanti kami pun mengarah kesana......... wuihhhhh jalannya mulus hotmix dan lebarrr banget kayak jalan propinsi.


 Subhannallah biasa kita di kota lihat kayak gini mah segerrr bangettt...ini masih perkebunan teh ptp milik pemerintah.. sepanjang memandang perkiraan sih ratusan hektar telihat..didepan. teh subur jenis gambung ngak tau TRI atau MPS 3.. tapi kayaknya jenis Gambung..
 Setelah melewati berkelok-kelok jalan perkebunan teh dan menaiki bukit dan pasir (semacam gunung kecil) ternyata disebelah pasir tsb terlihat lembah ngarai yang dalam ..tapi kelihatannya masih punya PTP ada yang masih pohon tehnya dan yang terlantar (gambrung)..dan wuihhh terlihat jalan menurun menuju kesana..berarti kita akan menurun ke lembah tersebut...dan terlihat jelas awan berada dibawah lembah itu.. artinya saya berdiri lebih tinggi dari awan tersebut.. wahh begitu tinggi kaki saya berpijak berapa ya ketiggian dari permukaan lautnya. ?????? oh ya disekitar sini ada warung agak besar satu2nya dan terlihat barisan mobil jimny offroad lagi istirahat juga terlihat banyak motor traill...
 Inilah situasi jalan di lembah.. masih diperkebunan teh... (fotodilihat dari bawah ke atas) ditempat ini ada rumah makan ayam bakar dan mushola kita beristirahat disana sejenak..sambil menikmati hamparan hijau pepohonan.... menurut orang sana sebentar lagi akan akhir dari batas perkebunan sekaligus batas wilayah Kabupaten bandung dan Cianjur..dan memasuki hutan..hahh!!!!!!.. masuk hutannn....?????
 ni rupanya hutan yang dimaksud...tapi ternyata hutan buatan bukan hutan geledegan..simagonggong. kayaknya pohon panesta,kaliandra campur dll. (hii..hii..hi sok tau) jalannya sih mulus dan drainasenya juga ada..dan jangan kawatir disini ada beberapa warung yang siap menemani istirahat para bikers... tapi beuu!!!! lebih kedalam serem juga gelap apalagi kalau jalan sendiri... hutan ini jalannya menurun dengan kelokan yang bentuk (V) mematah yang tajamm.ada juga bentuk tapal kuda... wuihh kebayang pulangnya apa bisa nih si 1.0 ini menanjak apalagi jalannya agak sempit..
Ini lah jalan mematah nekuk... turun... dan kedepan katanya masih banyak tekukan seperti begini, makanya disebut TANJAKAN 1000 karna tanjakannya ngak ada habis2nya..?????? ternyata benar adanya cerita orang jalan kesini beratt brotherr...
Tapi tenang brother... akhir dari hutan ini memasuki tikungan terakhir ada warung tambal ban dan bengkel motor kecil menyatu.. dan dibelakang warung tsb ada sungaikecill..wuihh ada yang mandiii segerrrr bangett airnya,,,sayang tidak kefoto... situasi disekitar ini.. tanggung sih akhir dari kelokan tajam sambil nyupir....akhirnya dijumpai juga kampung/desa .. kalau ngak salah desa Bale Gede nan subur air ,kolam dikanan kiri sawah hijau berumpak2.... wahh desa yang subur gemah ripah loh jinawi tototentrem.. mangun karso sungtulodo..hee.hee.hee kamana wae...
 Setelah melewati kampung/desa yang naik turun..ternyata Brother... kita harus menuruni lagi lembah yang dalammmmmm.....dan jalan kelokan yang mematahh beberapa kali.dan busyett.. di diturunan posisi gigi satu mesin mendengung di rem sekuat tenaga ..nih mobil tidak mengurangi lajunya..boro-boro berhenti.. wahhh...wahhh.... turunan tajamm kuadratt .. brayyy..
Ngak tau sudak keberapa nih turunan..sampai pundak ini dan kaki pegal..pegall...
 Subhanallah...Waaawww ..ciamikk ... weleh..weleh.. bujubune ataau apalahh nihhh... panorama eksotik banget brother... hamparan sawah hijau berumpakk...air jernih mengalir,, nun jauh disana di tebing2 gunung air berjatuhan berumpak2... yang kita lihat difoto itu baru satu sisi tebing belum yang ada dibelakang saya ..jadi dapat digambarkan kan lembah ini diapit oleh beberapa tebing kanan..kiri samping...yang semua tebing gnungnya megeluarkan air terjunnn..pantas aja disebut desa Naringgul 1000 air terjunn...
 Masih dilembah/ngarai yang panjang kami mendapatkan sungai yang begitu jernihhh..sayang euyy... ngak bisa difotoo,, (ssss banyak yang mandii)
 Masih di lembah...kami menyusuri entah berapa kilometer ..jalannya lus mulus melewati beberapa desa dan menyusuri tebing tebing kayak di jalan cadas pangerann mau ke sumedang .. 

ini adalah salah satu tebing air terjun di inggir 
Air terjun pinggir jalan yang teluar dari tebing-tebing yang tinggi di lembah naringgul
Kondisi jalan yang baru di keruk tebingnya dan hotmix.. sepanjang jalan setelah air terjun pinggir jalan sampai ke cidaun tapi sayang masih ada yang belum di aspal kurang lebih sekitar 5-15km . jalan dia atas menyusuri tebing2 hutan ada juga yang menyempit sekitar 500m tetapi jalannya hotmix baru...

 Lus mulus
Sayang kondisi hujan kami tidak bisa mefoto dari atas bukit nun jauh pesisir laut..gambar diatas diambil dari atas jembatan di cidaun kelihatan mobil masuk ketengah sungai tengah mengambil pasirrr.... hee.hee.hee kirainn mau berenangg nih mobilll... 


 Kami telah sampai di Pantai Jayanti pukul 2.00 ..jadi perjalanan dari bandung sampai ke Jayanti menempuh waktu 4.5 jam dengan jarak 116 km tertera di spedometer mobil kami.... Sayang kondisi pantai jayanti lagi pasang air nya .. tetapi disini banyak ikan yang dijual juga warung2 bale dipinggir pantai.. sayang juga pantainya kurang bersih.. semoga kedepannya diperhatikan..tapi sesuai dengan karcis masuknya cuma Rp.12.000 rupiah dihitung 4 orang dewasa berikut mobilnya.


Istirahat sudah makan kenyang... ngebandrek susu.. baso dlll pokona engappp... tinggal we ngahuleung/ngelamun mikiri pulang..bisa ngak nih si 1.0 di ajak naik tebing...???????????? setelah dipikir2 akhirnya saya putuskan pulangnya akan melalui jalan Cisewu terus kepangalengan bandungg.... tapii... beuu!!! tanya punya tanya kependuduk sekitar jalan ke pangalengan putus karna longsorrr.... Waduhhhh.......!!!!!!!
 Yaa. gimana lagi ... kami putuskan pulang jalan lewat yang tadi aja.. naringgul tea.. karna jalan ke cisewu putus tidak bisa dilalui dan kalau memutar ke cianjur berjarak sekitar 250km sampai bandung..sementara jam sudah menunjukan pukul 16.00... akhirnya jam segitu juga kami berkemas pulang dann dad..dahh pantaii jayantii..
Sudah melewati desa-desa naringgul kami berhenti dulu.....(kebelettt....xii....xiii)
Dilembah naringggul sebelum tanjakan 1000 ..kami berhenti dulu di warung beli bensin 2 tax seharga 8000/liter dan berdoa semoga nih si 1.0 bisa naik.. beralasan memang soalnya sepanjang perjalanan pergi dan balik tadi tidak kutemui mobil lawas.. dan ber cc kecil. yang ada avansa, xenia 1.3, mitshubitsi ss, coltdiesel, apv, dan saya pun clingak clinguk lihat2 garasi mobil warga ternyata umumnya mobil kijang dan ss... Wahh ada bahan ngak bisa naik nihh mobill... yang lebih parah bro stelah saya periksa vacum delco mobil bermasalah, ngak mau narik.. gimana ada tenaga nih .. terpaksa porrnya dimajuin aja.. 

 Hijauu....sawahh.......wuihh ..samar2 terlihat air terjunn...wah banyak bener air terjunnya
Siap...siapp mendakii.....



 hee.hee aku masih belum mau naik juga...saya tungguin aja mobil yang lain biar beriringan.. soalnya jam sudah menunjukan pukul 6 kurang.. alhamdulillah ternyata dibelakang sudah ada mobil yang beriringan Avanza,xenia,colt L300 dan colt diesel... eng..ing..enggg dderr..ahh...
 Alhamdulillah sampai juga di akhir ujung hutan sungguh tak dinyana dan disangka nih si 1.0 mendaki tanpa masalah..... Top markotop nih si 1.0.... Tua..tua keladi .
Isoma dulu.....dah tenang..
Kebetulan ada mushola dan warung nasi ayam bakar setelah Hutan dan perbatasan Cianjur - Bandung.... Air nya bersihhh....segerrrrrrr musholanya bersih apik juga.
Akhir dari semua pendakian di PTP kebun Teh menuju pulang


Akhirnya kami pulang denganselamat sampai dirumah pukul 8.15.. yaaa. refresing perjalanan yang inda sekaligus meneganggkan...
Kesimpulannnya : 1. Pantai jayanti tepat wisata yang perlu di datangi..karna pantai yang paling dekat jarakna dari kota bandung dibanding pangandaran dll.  Tapi syang pantainya kotor belum dikelola dengan baik.
2. Menuju jalan ke Jayanti pemandangannnya indahhh bangettt... ngak ada habis-habisnya..
3. Jalannya sudah bagus.. cocok untuk jalan touring..
4. Jangan kuatir banyak warung2 sepanjang jalan ..katanya buka sampai jam 9 malam.
5. Tidak ada Pom bensin tapi banyak kios eceran 2tax 8000-9000/ltr.
6. Hati-hati berkendaraan.. jalannya tanjakan dan turunan curam.. pergunakan tehnik break engine agar sobat tidak nyelonong (mabal cek orang sunda mah)..
7. Selalu gunakan gigi satu di turunan tajam dan di tanjakan dari mulai bawah.. jangan sekali2 mengoper gigi pada pertengahan tanjakan.. soalnya kendaraan berhenti di tengah tanjakan sedikit kemungkinan bisa jalan lagi (kecuali mobl bercc gede 2000cc).

Semoga bisa jado bahan petunjuk dan refrensi ang mau ulin ka Jayanti.....

Kang Dimmy (facebook)










13 komentar:

  1. Keren oom review nya, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuhun kang..mangga cobian ka dinya.. malihan abdi mah tos 3 kali..uih deui ka dinya.. soalna detail pemandangannna teu acan katingali

      Hapus
    2. Ketagihan tanjakan 1000 kemarin tgl 14 saya lewat jln sana masuk dari Sukanagara menelusuri pantai Cidaun keluar Ciwidey...

      Hapus
  2. Hatur nuhun pisan kang parantos babagi pangalaman........ sae pisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok atuh kang geura nyobian kadinya... akhir 2014 abdi ka jalan naringgul deui tapi naek motor.. waw pokona full coneringan step dugi ka beberebetann...manyoss we lahh...

      Hapus
  3. Kereeen pengen euy kang, Mazda 636 taun 1986 kuateun moal yah? ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nuhun kang..wah mazda 626 mah atuh 1600cc pasti kuateun.. jamin abdimah soalna pernah gaduh oge ngan pas nanjak posisi gigi satu saja...

      Hapus
  4. sudah ke tiga kali saya lewat jalan naringgul ...yang pertama pake zebra..yang kedua dan ke tidak dengan barudak kawasaki zx Bandoenger track bandung ciwidey-cidaun ranca buaya terus ka santolo -pulangnna lewat cisewu pangalengan
    ketiga touring dengan barudak rs muhamadiyah 35 motor bandung cianjur sawarna pulangna sawarna palabuhan ratu- cigaru-jampang kulon-tegal buleud-cikaso-agrabinta-sindang barang-cidaun -ciwidey-bandung (posisi dicidaun jam 12 malam nyampe bandung jam 2.30 pagi) alhamdulillah aman.

    BalasHapus
  5. Indah banget Subhanallah, saya pernah kejayanti pakai kijang tahun 95, banyak tikungan dan kebun teh star dari Jonggol-cianjur- sukabumi balik cianjurkota menuju sindangbarang ajjip jauh bingitttt, tapi jalan sangat sepi..dari cjr jam 2,30-sampai jayanti jam 21,00 langsung cari penginapan langsung pingsan, pagi2 kepantai sangat sepi bayak bulu babinya hati2 bila bawa anak kecil ke sengat bisa demam liburan jadi terganggu. tapi allhamdulilah aman di sana makn juga terjangkau.kapan2 mau ke agrabinta.

    BalasHapus
  6. Sip kang..sekarang mah tembus ke ujung genteng sekalian ke ciletuh geopark

    BalasHapus
  7. Sip kang..sekarang mah tembus ke ujung genteng sekalian ke ciletuh geopark

    BalasHapus
  8. Hayu... Mampir heula ka dodol cisireum buat oleh oleh tapi harus pesan dulu

    BalasHapus
  9. bagus tulisannya.....sekitar jayanti kan masih ada pantai lainnya cidaun misal....ditunggu lagi laporannya siiip....jempol thumb

    BalasHapus